Penulis: Christopher Rahardja | Editor: Ratna MU Harahap
Berbagai perusahaan telah bersaing merilis iklan fenomenal yang sulit dilupakan. Namun karena banyaknya iklan yang begitu bagus dan keren pada akhirnya kita sulit menentukan manakah iklan yang dapat dikatakan sebagai iklan terbaik sepanjang masa.
Perkembangan teknologi juga telah membuat semakin kreatifnya suatu iklan yang akhirnya membuat pandangan pertama terhadap suatu produk menjadi sangat menarik sehingga kita tak sabar ingin mengetahui lebih lanjut.
Namun topik periklanan tak terbatas hanya mengiklankan spesifikasi dan kelebihan pada suatu produk. Berbagai hal yang dapat meningkatkan eksistensi perusahaan telah dibuat dengan cara menciptakan iklan-iklan tak terduga yang dirancang dengan pola pikir out of the box.
Penasaran seperti apakah iklan-iklan out of the box terbaik sepanjang masa, yuk kita simak!
- Volkswagen – No Text and Drive
Volkswagen sebagai perusahaan otomotif terkenal juga tak serta merta hanya mengiklankan produknya. Pada iklan di atas Volkswagen menciptakan iklan hanya sepatah kata yang unik membuat iklan ini menjadi perhatian di seluruh dunia.
Intinya iklan ini menampilkan auto-correct pada aplikasi message yang menampilkan keyword “wheelchair” atau kursi roda ketika sang pengemudi sedang mengetik “while”.
Jadi sebenarnya pengemudi ingin mengetik “Aku akan sampai sebentar lagi” namun aplikasi message telah memberi sinyal-sinyal untuk tidak mengetik saat berkendara dengan cara menampilkan auto-correct Wheelchair. Wow sungguh Out-of-The Box karena Volkswagen peduli dengan keselamatan pengemudinya.
2. WWF – Bahayanya Global Warming
Salah satu organisasi konservasi alam ternama di dunia yaitu World Wide Fund membuat salah satu iklan fenomenal yang diilustrasikan bagaikan jam pasir. Jadi cepat atau lambat bila pemanasan global tidak kita cegah maka kehidupan di bumi akan tenggelam oleh massa air.
Oleh sebab itu mari kita jaga bersama-sama bumi kita ini dari pemanasan global dengan cara mengurangi intensitas penggunaan kendaran bermotor, mengurangi penggunaan bahan-bakar fosil, dan mengurangi penggunakan produk yang menghasilkan limbah gas rumah kaca (CO, CO2, CFC, CH4, N2O).
3. Pringles – Hot & Spicy
Observers pasti tahu kripik Pringles karena pengemasan produknya berbentuk tabung yang fenomenal. Salah satu varian Pringles Spicy akan membuat mulut mu terbakar karena saking pedasnya. Kamu akhirnya bisa mengeluarkan panas tersebut sebagai uap balon udara. Sungguh iklan yang hiperbola.
4. Vermont Department of Health – Bahaya merokok
Pada dasarnya iklan ini ditujukan untuk ibu yang sedang mengandung supaya jangan merokok. Intinya iklan ini menunjukan bahwa ketika ibu hamil merokok maka anaknya juga akan terkena dampak dari merokok. Hal yang menjadi fenomenal dari iklan ini adalah bentuk asap yang menyerupai bayi pada kandungan.
5. Chupa Chups – No sugar
Iklan ini ingin menunjukkan bahwa varian Chupa Chups non sugar benar-benar tidak mengandung gula sama sekali sampai-sampai semutpun tak mau menyentuhnya. Sehingga menjadikan permen ini aman dikonsumsi segala kalangan. Baik itu anak-anak, orang dewasa ataupun pengidap diabetes.
6. Powerhouse Gym
Iklan ini menampilkan 2 buah crane besar yang talinya ditarik oleh poster body-builder membuat iklan ini seolah-olah hidup. Cara pembuatan iklan seperti ini sungguh fenomenal karena tentu dilakukan dengan modal yang besar dan diletakan secara pindah-pindah bergantung pada bangunan mana yang konstruksinya belum selesai.
7. Maxam
Ini dia dampaknya jika kita tidak rutin menggosok gigi atau jarang menggosok gigi. Gigi putih kita akan digerogoti oleh bakteri hingga bakteri tersebut membentuk suatu peradaban arsitektur yang maju. Wah sungguh lucu dan hiperbola sekali. Intinya jangan sampai gigi Observers bolong dengan rutin menggosok gigi ya!
8. Ariel
Pakaian kotor yang dicuci menggunakan Sabun cuci Ariel akan sangat bersih dan kinclong sampai-sampai bayangannya pun hilang. Aduh lucu sekali iklan ini. Justru karena dibuat hiperbola seperti ini produk tersebut menjadi sulit dilupakan dan juga sangat menarik perhatian.
9. Ford
Terlepas dari bentuk kuncinya yang menyerupai kota metropolitan, sebenarnya kunci aslinya tidak berbentuk seperti itu sama sekali. Ford hanya ingin menunjukan secara singkat, jelas dan padat bahwa kamu dapat menjelajahi kota dengan mengandalkan varian mobil city carnya yang efisien dan tangguh untuk medan perkotaan.
10. WWF
Observers tentunya akan ketakutan jika sedang berada di tengah lautan dan melihat sirip ikan hiu di dekat kalian karena kalian tahu ada hiu di dekat kalian. Namun pastinya akan lebih menakutkan jika kalian tahu ada hiu di dekat kalian tapi tidak ada sirip hiu yang terlihat diakrenakan siripnya telah diburu oleh para pemburu sirip hiu. Sungguh sangat biadab sekali orang-orang yang melakukan kegiatan perburuan sirip.
Jadi mulai sekarang kita harus hentikan perburuan sirip ikan hiu untuk dijadikan sup mahal. Jangan pernah membeli sirip ikan hiu lagi mulai dari sekarang sehingga perburuan hiu akan berkurang.
11. Lembaga Pengelola Museum Rusia
Salah satu lembaga pengelola museum di Rusia yang bernama MA membuat berbagai macam iklan dari tiap-tiap bangunan bersejarah yang akan menunjukanmu cerita lengkap bagaimana terbentuknya bangunan bersejarah tersebut. Dengan desain iklan seperti ini, siapa yang tak tergugah seleranya untuk mengunjungi bangunan bersejarah. Ide konsep iklan seperti ini bagus sekali untuk diterapkan di Indonesia.
12. Moms Demand Action
Banyaknya fenomena school-shooting di Amerika membuat salah satu lembaga hak asasi manusia Moms Demand Action terbentuk. Organisasi ini akan berjuang untuk menghapus penggunaan senjata bagi warga sipil supaya tidak terjadi kejadian school shooting kembali. Iklan dan poster yang dibuat sangat berani ini menjadikan iklan ini sangat fenomenal.
13. Pepsi
Pepsi dan Coca-cola merupakan dua produsen minuman bersoda yang saling bersaing dan melakukan balas-balasan iklan. Pada iklan kali ini tampak kaleng Pepsi sedang menggunakan kostum Coca-cola untuk hari halloween yang memiliki makna tersirat yaitu Coca-cola adalah monster atau setannya. Sungguh pintar sekali ya cara menyinggungnya. Coba sekarang bayangkan, Coca-cola harus membalas dengan iklan apa nih? Jadi Bingung kan!
14. Nivea
Sebenarnya tidak ada hubungannya secara langsung antara iklan tersebut dengan produk. Nivea hanya sekedar mengingatkan bahwa jangan terlalu berlarut-larut dalam memikirkan masalah hidup. Sebab nantinya kamu akan menjadi lebih cepat mengalami keriput. Namun jika kamu mau menghambat terjadinya pembentukan keriput gunakanlah Nivea.
15. Volkswagen
Iklan ini menunjukkan perumpamaan bahwa melihat dari satu sudut saja tidak akan cukup. Seperti melihat foto tersebut, jika hanya melihat dari satu sudut kita tak akan sadar bahwa ternyata di foto ini ada dua orang. Jadi Volkswagen ingin memperkenalkan kegunaan teknologi 360 camera view pada mobilnya lewat perumpamaan tersebut.
Foto diatas juga menunjukan perumpamaan tersebut dimana tampak anjing yang menggunakan baju dan sedang membaca buku, bila hanya dilihat dari satu sisi. Sungguh cerdik sekali ya konsep pembuatan iklan Volkswagen.
Itu dia 15 Iklan yang dibuat secara out of the box. Dari berbagai macam iklan menarik tersebut hampir semuanya tidak terduga sama sekali. Kira-kira iklan nomor berapa yang berkesan di hati mu?