Penulis: Nasha Y. Lubis | Editor: Ratna MU Harahap

UNIQLO1

Berawal dari berkunjung ke The Zora di BSD City memiliki produk unggulan baru yang sangat bernuansa Jepang yaitu Daikanyama.Di Jepang sendiri, Daikanyama ini merupakan daerah unik di Shibuya Tokyo yang sering disebut seperti Brooklyn-nya Tokyo.Design ruko Daikanyama di BSD City ini terbilang mewah dan unik dengan inspirasi Jepang yang kental, misalnya, Tersedia elevator yang memudahkan mobilitas warga emas dan pengguna kursi roda di ruko dan Environmental friendly dengan cross ventilation.

Tentunya berbagai usaha bisa dilakukan di Daikanyama, dan kalau Observer perlu inspirasi bidang usaha yang bisa dilakukan, yuk kita berkenalan dengan sosok Tadashi Yanai.

UNIQLO2

Tadashi Yanai adalah sosok dibalik merek baju Uniqlo yang merupakan merek terbesar ketiga di dunia setelah H&M dan Inditex (Zara).Per April 2021, Tadashi Yanai merupakan orang terkaya di Jepang dengan kekayaan diperkirakan sebesar USD 42 milyar dan merupakan orang terkaya ke-34 di dunia versi Bloomberg Billionaire Index.

UNIQLO3

Kejayaannya ini berawal dari sebuah toko pakaian pria sederhana di sebuah kota Bernama Ube di Yamaguchi Perfecture di Pulau Honshu Jepang lebih dari 60 tahun yang lalu.Tahun 1984, Mr Yanai membuka toko Uniqlo pertama di Hiroshima.Sementara itu, tahun 1991 merupakan milestone penting bagi perkembangan usaha Tadashi Yanai dimana pada tahun ini ia mengganti nama usaha milik Ayahnya dari “Ogori Shoji” menjadi Fast Retailing dan dimulailah pertumbuhan pesat Fast Retailing yang berhasil membuat Fast Retailing menjadi retailer dengan pertumbuhan tercepat di Jepang.

Salah satu rahasia kemampuan Fast Retailing agar dapat menawarkan produk berkualitas dengan harga yang kompetitif adalah dengan mengkontrol keseluruhan proses dari awal hingga akhir mulai dari proses perencanaan hingga produksi di pabrik dan penjualan.Brand utama Fast Retailing yaitu Uniqlo dikenal dengan pakaian berkonsep Life Wear yang memang memiiki pasar tersendiri berbeda dengan pasar merek Zara atau H&M yang lebih condong mengikuti trend.

UNIQLO4

Kini, Fast Retailing telah mengakuisisi merek-merek lain yang terkenal seperti Helmut Lang dan Theory (New York).Toko-toko Uniqlo kini terletak di daerah-daerah mahal di dunia seperti di Fifth Avenue New York dan di Ginza Tokyo.

Observer yang baru saja membangun bisnis, memiliki tempat usaha seperti ruko tentu menjadi milestone penting.Tantangan akan satu per satu menghampiri, tapi berikut pemikiran Tadashi Yanai yang patut kita ingat-ingat untuk menjadi motivasi dikala usaha kita menghadapi tantangan:

  1. I might look successful but I’ve made many mistakes.People take their failure too seriously. You have to be positive and believe that you will find success next time.
  2. If you always think about your dreams or goals, work steadfastly towards them and continue to challenge youself, you will definitely be able to realize those dreams or goals.

I can’t agree more.Sering kali kita terpaku pada hasil akhir yang dicapai seseorang yang berhasil, tanpa mau tahu proses panjang dan berliku yang dilalui orang tersebut.Mulailah dari yang kecil dan semoga Observer bisa menjadi the next Tadashi Yanai dimulai dengan sebuah ruko fenomenal di BSD City!

About Author

administrator

Property Observer adalah portal yang memberi informasi secara up to date dan informatif, baik dalam segi lifestyle , bisnis, dan segala jenis aspek kebutuhan. Namun dari semua itu ada satu aspek yang sangat di butuhkan oleh manusia yaitu property.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *