Penulis: Andria Harahap | Editor: Ratna MU Harahap
Keinginan menjadi entrepreneur di Generation Z ternyata sudah timbul di usia yang sangat muda. Hasil survey yang dilakukan terhadap pelajar oleh Gallup menunjukkan bahwa 40% murid yang duduk di kelas 5 sampai kelas 12 menyatakan bahwa mereka akan membangun bisnis sendiri. Kemudian 24% diantaranya menyatakan bahwa mereka sudah mulai memulai bisnis mereka. Dari survey ini sudah terlihat bahwa tak lama lagi Gen Z akan mengambil alih generasi entrepreneur di dunia.
Dan tahukah anda, bahwa memang ternyata ada loh anak-anak yang memulai usaha di usia yang sangat muda dan meraih kesuksesan yang luar biasa. Contohnya adalah Moziah Bridges, yang memulai usaha yang memproduksi dasi kupu-kupu, di usia 9 tahun. Saat ini ia bisa memiliki pendapatan 150,000 USD atau setara 2 miliar rupiah per tahun.Ada juga, founder dari SPERGO yang berusia 14 tahun, yang kemudian mendapat suntikan dana sebesar 25,000 USD atau setara 360 juta rupiah dari rapper Sean Diddy Combs yang merupakan penggemar dari busana yang diproduksi SPERGO. Kemudian ada Caroline dan Isabel Bercaw, co-founders dari Da Bomb bath, yang membuat kejutan luar biasa bagi industry kecantikan ketika mereka meluncurkan bath bomb yang berisi mainan di dalamnya. Mereka mendirikan perusahaan ini di tahun 2012 ketika masih berusia 11 dan 12 tahun, dan saat ini perusahaan mereka bisa menghasilkan 20 juta USD atau setara hamper 300 miliar rupiah per tahunnya.
Moziah Bridges
Trey Brown
Caroline dan Isabel Bercaw
Salah satu kunci keberhasilan mereka adalah berani berinovasi,sehingga menghasilkan sesuatu yang baru yang benar-benar unik. If it isn’t different, it isn’t cool; inilah mantra atau kalimat sakti dari para Gen Z.
Ini jugalah yang menjadi konsep dasar dibangunnya DOWNTOWN MADISON yang ada di Kota Wisata. DNA pembangunannya sama dengan DNA para entrepreneur muda ini, yaitu terus berinovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru.
DOWNTOWN MADISON ini bukan sekedar ruko biasa, karena sebagian dari rukonya memiliki Al Fresco Terrace, dan ini merupakan ruko dengan konsep Al Fresco pertama di Cibubur. Keberadaan Al Fresco Terrace ini akan memberikan wajah yang sangat berbeda dengan ruko-ruko yang ada sekarang. Para pengunjung bisa menikmati suasana sore yang santai sambil hangout di sini. Bandingkan dengan wajah ruko lama yang biasanya hanya terdiri dari deretan mobil yang parkir di depan ruko.Selain Al Fresco Terrace, beberapa ruko juga memiliki double facade, sehingga mereka bisa punya 2 entrance dan 2 etalase untuk usahanya.
Di DOWNTOWN MADISON inilah terjadi perpaduan sempurna antara sebuah inovasi baru yang menggebrak,dengan suatu kondisi yang sudah established sejak lama. Seperti yang kita tahu Kota Wisata merupakan sebuah perumahan yang sudah dibangun sejak tahun 1998. Lingkungan di Kota Wisata sendiri sudah sangat hidup dan dinamis, dengan ribuan rumah yang sudah dibangun dan ratusan ribu orang yang tinggal di sana. Dalam kondisi yang sudah established ini muncullah DOWNTOWN MADISON dengan konsep yang benar-benar berbeda. Tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan bagi mereka yang membuka usahanya di DOWNTOWN MADISON, karena dengan konsep yang berbeda ini tentu saja warga Kota Wisata sendiri memiliki rasa penasaran tinggi, sehingga akan meningkatkan antusiasme untuk berkunjung.
Ini pula lokasi yang pas kalau anda ingin mempersiapkan anak anda untuk menjadi CEO bagi usahanya sendiri. Tempat yang unik dan strategis, dengan captive market yang luar biasa, sudah menjadi titik awal yang tepat untuk memulai usaha, Selanjutnya tinggal merumuskan jenis usaha dan strategi apa yang tepat untuk memasarkan usahanya.