The Observer

Rooftop: Senjata Rahasia Pengusaha Kuliner

Penulis: Andria Harahap | Editor: Ratna MU Harahap

rooftop1

Saat ini, menjadi pengusaha apalagi pengusaha kuliner, challengesnya semakin beragam. Mulai dari menentukan menu yang pas, cara penyajian, sampai penentuan lokasi. Beda dengan jaman dulu, yang penting rasanya enak, maka konsumen pun akan mengalir,

Kalau jaman sekarang banyak faktor lain yang menjadi penentu, salah satunya adalah experience atau pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan ketika ia menikmati makanan dan suasana di restoran yang kita miliki. Di era social media yang memegang peranan penting dalam kehidupan,maka experience atau pengalaman yang bisa kita berikan bagi merekalah yang menjadi faktor yang terpenting.

Pengalaman yang berbeda ini salah satunya bisa dihadirkan dengan keberadaan area rooftop, yang akan menjadi plus point bagi sebuah restoran.Kenapa sih keberadaan rooftop bisa menjadi pendongkrak utama?

Salah satu alasannya adalah rooftop memberikan pengalaman rasa dan visual yang berbeda. Bayangkan, makan dan bercengkrama di tempat yang terbuka,sambil menikmati hangatnya matahari pagi atau sejuknya angin sore dan pemandangan langit senja berpadu dengan lampu-lampu kota. Betapa itu semua memanjakan semua indera yang kita miliki.

Nah tapi tentu saja kita juga harus bisa menghadirkan sesuatu yang unik,supaya pengalaman kuliner ini menjadi semakin tak terlupakan. Apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menambah daya tarik area rooftop ini?

1.PengaturanTempat Duduk

Ketika pelanggan datang ke rooftop, ia pasti mengharapkan sesuatu yang berbeda. Satu yang paling mudah adalah kreatif mengatur posisi tempat duduk. Sediakan kursi-kursi bar untuk mereka yang sedang ingin duduk sendiri,tapi jangan lupa juga untuk menyediakan tempat duduk untuk grup yang lebih besar, untuk mereka yang datang bersama teman-teman.

Oiya, perhatikan pula pengaturan jarak antar tempat duduk ya, jangan terlalu dekat sampai kita bisa ikut mendengar apa yang diperbincangkan di meja sebelah.

2.Hujan? Siapa Takut!

Salah satu musuh utama untuk area rooftop adalah cuaca, apalagi hujan. Ngga ada salahnya untuk berinvestasi agak besar untuk menambahkan atap yang bisa dibuka tutup, sehingga ketika cuaca sedang tidak bersahabat,suasana rooftop kita masih tetap nyaman.

3.Akses

Akses disini maksudnya adalah akses menuju rooftop. Sebaiknya akses menuju rooftop ini terpisah dari akses lantai lain, sehingga pengunjung bisa langsung menuju rooftop tanpa mengganggu tamu yang sedang makan di area resto.Lebih baik lagi jika akses ini dilengkapi dengan lift untuk memudahkan kaum difabel ataupun orang tua untuk mengakses area rooftop.

Nah untuk siapapun pengusaha kuliner yang sedang mencari lokasi untuk usaha, boleh coba cek ke Daikanyama di The Zora BSD City. Menurut saya sih tempat ini sempurna untuk memulai sebuah usaha terutama kuliner yang butuh konsep area rooftop. Kenapa? Karena Daikanyama inilah satu-satunya unit komersial di BSD City yang sudah memiliki area rooftop dengan private akses dan bahkan di beberapa unit sudah dilengkapi dengan lift.

Yang perlu kita lakukan hanya mencari konsep interior yang pas dengan menu yang disediakan dan ambience yang ingin diwujudkan.

Selain unit yang dilengkapi dengan rooftop, kelebihan dari Daikanyama ini adalah positioningnya yang menyatakan bahwa Daikanyama akan menjadi destinasi untuk fashionable society yang pastinya butuh sebuah tempat yang unik untuk mereka mengekspresikan diri. Selain itu lokasinya yang terletak di dalam cluster The Zora juga membuat Daikanyama ini dikelilingi oleh high profile potential market. Begitu banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Daikanyama, begitu banyak peluang yang dapat diraih!

Exit mobile version